Penerapan Data Mining Klasifikasi Kepuasan Pelanggan Transportasi Online Menggunakan Algoritma C4.5
Main Article Content
Abstract
Klasifikasi kepuasan pelanggan pengguna transportasi online merupakan suatu sikap positif atau respon pelanggan terhadap pelayanan penggunaan transportasi online. Pengklasifikasin kepuasan pengguna transportasi online ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas perusahaan khususnya di bidang pelayanan pengguna transportasi roda dua. Dalam penelitian ini, tingkat kepuasan pelanggan diklasifikasian dalam empat atribut yaitu harga, fasilitas, pelayanan, dan loyalitas sehingga dari ke empat atribut tersebut dapat diperoleh hasil pengklasifikasian tingkat kepuasan pelanggan dalam kategori puas dan tidak puas. Dengan menerapkan berbagai persamaan dan langkah-langkah mengenai perhitungan algoritma C4.5, yaitu dengan menghitung entropy, split info, gain dan nilai gain ratio dengan atribut Fasilitas, Pelayanan, Loyalitas, Kategori. Himpunan Atribut yaitu Sangat Puas, Puas, Cukup Puas, Tidak Puas, Sangat Tidak Puas
Input data sebanyak 155 data. Dari data tersebut maka dibagi 2 yaitu 100 data data latih (training) dan 55 data data uji (testing). klasifikasi kepuasan pelanggan “Tidak Puas” sebanyak 91 orang pelanggan, sedangkan yang “Tidak Puas” sebanyak 9 orang pelanggan.