Analisa Dan Perancanan Sistem Informasi Puskesmas
Main Article Content
Abstract
Puskesmas Adalah unit pelaksana teknis (UPT) dari Dinas Kesehatan Kab/kota yang bertanggungjawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di satu atau sebagian wilayah kecamatan. Puskesmas merupakan lembaga yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tentu masyarakat sangat berharap mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu baik. Agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang demikian, puskesmas dituntut untuk meningkatkan kualitas kinerjanya. Salah satu cara meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat adalah dengan mengembangkan sistem informasi puskesmas. Puskesmas yang masih menggunakan sistem manual dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan banyaknya masyarakat yang berobat disana, masyarakat sering mengeluhkan pelayanan puskesmas yang tidak memuaskan seperti seringnya terjadi antrian baik itu saat pembayaran ataupun pengambilan obat. Disamping itu pihak manajemen puskesmas juga mengalami kendala dalam proses pembuatan laporan ataupun dalam pengolahan data pasien dan ini sangat berpengaruh terhadap kinerja pihak puskesmas.Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan sebuah sistem informasi yang mampu memberikan informasi yang cepat kepada pasien dan masyarakat. Guna meningkatkan pelayanan dan peningkatan kinerja masing-masing unit yang saling berhubungan dan terintegrasi.