Main Article Content

Muhammad Arsyad

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis melakukan penelitian untuk menerapkan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dalam Pemilihan Kepala Sekolah Terbaik dan membangun aplikasi dalam penerapan metode tersebut. Kepala Sekolah mempunyai peran yang sangat besar dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Peran kepala sekolah dalam mengembangkan suasana sekolah yang nyaman dan kondusif bagi proses belajar mengajar melalui pengelolaan manajerial yang profesional merupakan kebutuhan utama suatu sekolah untuk meraih prestasi dalam rangka menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul dan berdaya saing. Mengingat fungsi strategis kepala sekolah yang berprestasi dalam meningkatkan kualitas lembaga yang dipimpinnya. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan bagian dari sistem informasi berbasis komputer yang intraktif yang berguna untuk mendukung pengambilan suatu keputusan. Adapun hasil penelitian ini adalah Untuk menerapkan metode analytic hierarchy process (AHP) dalam sistem pendukung keputusan pemilihan kepala sekolah terbaik tingkat Kabupaten Deli Serdang harus mengikuti langkah pengerjaan AHP dengan melakukan perbandingan nilai setiap kriteria untuk mengahasilkan matriks perbandingan kriteria, Matriks Bobot Prioritas Kriteria, Matriks Konsistensi Kriteria selanjutnya menetapkan nilai skala perbandingan lokasi berdasarkan masing-masing kriteria. Setelah menemukan bobot dari masing-masing kriteria terhadap alternatif yang sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah mengalikan bobot dari masing,masing kriteria dengan bobot dari masing-masing alternatif, kemudian hasil perkalian tersebut dijumlahkan perbaris. Sehingga didapatkan total prioritas global. Untuk membangun sistem pendukung keputusan pemilihan kepala sekolah terbaik dengan menggunakan matode Analytical Hierarchy Process (AHP) adaalah pertama penulis melakukan analisa kebutuhan sistem, melakukan perhitungan dengan metode AHP, perancangan sistem dengan UML, perancangan basisdata, perancangan user interface, dan pembangaunan sistem berbasis web.
Kata Kunci : SPK, AHP, Pemilihan

Article Details

References
[1] Kusrini, “Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan”, Andi Ofset, Yogykarta 2007.
[2] Tata Sutabri, “Analisis Sistem Informasi”, 2012.
[3] http://id.m.wikipedia.org/wiki/Sistem. diakses pada tanggal 25 Juli 2019.
[4] Rosnani Ginting, Sistem Pendukung Keputusan, 2014.
[5] Kusumadewi, S, dkk. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy-MADM), Graha Ilmu ,Yogyakarta.
[6] Rosa, A; Shalahuddin,M. “Rekayasa Perangkat Lunak Tersrtuktur dan Berorientasi Objek”, 2015.
[7] Wardana, (2008). Membuat Aplikasi Berbasis Pendekatan Sistem Dengan Visual Basic .Net 2008.
[8] Sianturi FA, Sinaga B, Hasugian PM, Informatika T, Utara S. Fuzzy Multiple Attribute Decisison Macking Dengan Metode Oreste Untuk Menentukan Lokasi Promosi. 2018;3(1):63-68. http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/289.
[9] Fricles Ariwisanto Sianturi. Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Guru Dengan Model Profile Matching Pada Sekolah Sma Swasta Raksana Medan. Mantik Penusa. 2015;18(2):44-52. http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/43.
[10] http//tendikdikdasmen.kemdikbud.go.id. /SNP/dokumen/Permendiknas/13/2007.pdf.