DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI ITEMSET PROMOSI PENJUALAN BARANG MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS (MBA) (STUDI KASUS: TOKO SENTRA PONSEL)

Amer Sharif

Abstract


Data Mining merupakan serangkaian proses untuk menggali nilai tambah dari suatu kumpulan data yang menghasilkan suatu pengetahuan yang selama ini tidak diketahui. Metode yang digunakan pada Data Mining ini adalah metode Market Basket Analysis (MBA) untuk memprediksi itemset promosi penjualan barang-barang elektronik pada toko Sentra Ponsel. Penggunaan Data Mining ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan konsumen dalam membeli suatu produk secara bersamaan. Data yang diolah pada Data Mining ini berupa data sampel dari data transaksi penjualan barang-barang elektronik pada toko Sentra Ponsel seperti smartphone, charger, casing, dan aksesoris lainnya. Pengolahan data transaksi penjualan tersebut bertujuan untuk melihat barang mana yang lebih diminati dan sering dibeli oleh konsumen, dan barang mana yang kurang diminati dan jarang dibeli oleh konsumen. Serta mengetahui barang-barang apa saja yang sering dibeli secara bersamaan. Dengan mengetahui hal tersebut, pihak toko dapat meningkatkan promosi barang-barangnya kepada calon konsumen agar transaksi penjualan pada toko tersebut bisa meningkat.

Kata Kunci : Data Mining, Itemset Promosi, MBA.


Full Text:

PDF

References


Andrian Ody. 2016. Aplikasi Data Mining Metode K-Nearest Neighbor untuk Pemilihan laptop, STMIK AKAKOM, Yogyakarta.

Fitriyah, N., 2016, Penggunaan Association Rule Mining Algoritma CT-Pro dalam Proses Penentuan Pola Tindak Kejahatan Perdagangan Manusia (Strudi Kasus: Data Kepolisian Daerah Jawa Barat), Tesis, Jurusan Ilmu Komputer FMIPA UGM, Yogyakarta.

Gemala M, Mochammad Arifin dan Achmad Yanu Aliffianto. 2012. Penerapan Metode Market Basket Analysis pada Situs Web E-Commerce.

Gunadi G dan Sensuse I. 2012. Penerapan Metode Data Mining Market Base Analysis terhadap Data Penjualan Produk Buku dengan Menggunakan Algoritma Apriori dan Frequent Pattern-Growth (FP-Growth): Studi Kasus Percetakan PT. Gramedia. Volume 4 No. 1, Halaman 121.

Ikhwan, A., Nofriansyah, D. dan Sriani, 2015, Penerapan Data Mining dengan Algoritma Fp-Growth untuk Mendukung Strategi Promosi Pendidikan (Studi Kasus Kampus STMIK Triguna Dharma), Jurnal Ilmiah SAINTIKOM, 14, 211-226.

Meilani B.D. dan Azinar A.W., 2015. Penentuan Pola Yang Sering Muncul Untuk Penerima Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Menggunakan Metode FP-Growth. Surabaya : Sistem Informasi Fakultas Tegnologi Informasi.

Muzakir Ali dan Adha Laili 2016. Market Basket Analysis (MBA) pada Situs Web E-Commerce Zakiyah Collection. Jurnal Simestris, Vol 7 ISSN : 2252 – 4983.

Santosa, B., 2007, Data Mining: Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis, Cetakan Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta

Sukamsi, R. S. 2016. Aplikasi Data Mining Metode K-MEANS untuk Mengklasifikasi-kan Data Mahasiswa Akakom, STMIK AKAKOM, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.

 

 LOKASI:


STMIK PELITA NUSANTARA
Jl. St.Iskandar Muda No.1 - Medan
Email : lppm.pelitanusantara@yahoo.com

E-ISSN : 2580-9741(Online)

P-ISSN : 2088-3943(Print)