IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN GURU DENGAN MODEL PROFILE MATCHING PADA SEKOLAH SMA SWASTA RAKSANA MEDAN

Fricles Ariwisanto Sianturi

Sari


Abstrak

 

Sekolah SMA Swasta Raksana Medan, sebagai lembaga sarana pendidikan wajib mengutamakan kinerja setiap guru dalam menunjang siswa-siswi yang berprestasi. Salah satu masalah yang sering terjadi dalam dunia pendidikan yaitu guru yang tidak professional dalam mengajar. Oleh sebab itu sekolah selalu mencari guru-guru yang ahli di bidang mata pelajarannya dan mempunya jiwa mengajar.

Guru-guru honor yang mau diangkat menjadi guru tetap, terkadang penilainnya bersifat subyektif dan tidak akurat. Sehingga hasil yang didapat tidak sesuai dengan kenyataannya. Disini penulis akan merancang sebuah sistem yang dapat digunakan dalam Pendukung Keputusan Kenaikann Jabatan Guru serta mempunyai hasil yang lebih akurat. Diharapkan dengan adanya sistem pendukung keputusan ini maka dapat membantu sekolah dalam penentuan keputusan kenaikan jabatan guru.

Sistem pendukung keputusan dengan menggunakan model Profile Matching dan metode Gap ini dibuat berdasarkan data dan norma-norma sumber daya manusia. Proses penghitungan Gap dilakukan untuk menentukan point setiap kriteria dan dicocokan dengan Pembobotan setiap kriteria. Aplikasi ini dibuat dengan Microsft Visual  Basic 6.0 dan Microsoft Access 2007. Hasil dari proses ini berupa rangking guru dan merupakan dasar bagi pendukung keputusan untuk pemilihan kenaikan jabatan guru honor menjadi guru tetap.

 

Kata Kunci: SPK, GAP and SDLC,


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.