PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN SISWA BERMASALAH MENGGUNAKAN METODE SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING) (STUDI KASUS SMP SWASTA NUSA PENIDA MEDAN)

Arjon S Sitio

Sari


Abstrak

 

Konsep program bantu pengambilan keputusan saat ini berkembang sangat pesat. Banyak metode yang digunakan untuk membantu dalam proses pengambilan keputusan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan Multi Attributes Decision Making (MADM) dengan metode SAW. Ha ini disebabkan karena metode tersebut konsepnya sederhana, mudah dipahami, komputasinya efisien dan memiliki kemampuan untuk mengukur kinerja relatif dari alternatif-alternatif keputusan dalam bentuk matematis yang sederhana. Permasalahannya adalah untuk menyelesaikan sebuah kasus MADM tertentu mungkin akan sulit untuk menentukan metode mana yang paling relevan untuk menyelesaikan kasus-kasus tertentu. Oleh sebab itu metode yang paling tepat adalah metode SAW dalam penyelesaian kasus siswa bermasalah ini. Dalam hal ini penyelesaian masalah Multi Attributes Decision Making (MADM) dengan metode antara SAW ini bertujuan untuk membantu setiap orang dalam pengambilan keputusan berdasarkan nilai alternatef terbaik.

Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat saat ini, memunculkan suatu ide atau gagasan dari penulis untuk mencoba mengkomputerisasikan sistem pengambilan keputusan siswa bermasalah di SMP Swasta Nusa Penida Medan. Penulis mencoba membangun sebuah aplikasi yang akan membantu untuk mempermudah dalam pengambilan keputusan siswa bermasalah yang meliputi input data siswa dan mencari rating siswa yang paling bermasalah, dengan tujuan mempermudah dalam pengolahan data lebih optimal dan efektif.

Sistem yang akan dibuat adalah “Perancangan Aplikasi Sistem Pengambilan Keputusan Siswa Bermasalah menggunakan Metode SAW (simple additive weighting)”. Perancangan aplikasi ini akan menggunakan Metode SAW (simple additive weighting) serta tool untuk pemodelan menggunakan UML (Unified Modeling Language).

Sistem ini dibangun menggunakan aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0 untuk input data siswa yang bermasalah dan mencari rating tertinggi untuk siswa yang lebih bermasalah dan database Microsoft Access sebagai interface sistem.

 

Kata Kunci : Simple additive weighting, Multi Attributes Decision Making,

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.