PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. CHAROEN POKPHAND INDONESIA

John Foster Marpaung

Sari


PT. Charoen Pokphand Indonesia merupakan perusahaan melakukan aktifitas perdagangan alat  berat dari beberapa merek serta bertindak selaku  distributor alat alat berat dan suku cadang Hitachi. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh motivasi dan kedisiplinan terhadap kinerja karyawan pada PT. Charoen Pokphand Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kedisiplinan terhadap kinerja petugas pemasyrakatan di PT. Charoen Pokphand Indonesia. Hipotesis dalam penelitian ini adalah motivasi dan kedisiplinan berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. Charoen Pokphand Indonesia.  Penelitian ini menggunakan dasar teori Manajemen Sumber Daya Manusia yang berkaitan dengan motivasi, kedisiplinan, dan kinerja.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif. Adapun sifat penelitian ini adalah eksplanatory. Populasi dalam penelitian ini seluruh karyawan pada PT. Charoen Pokphand Indonesia sebanyak 51 orang. Sampel yang diambil sebayak 43 orang. Variabel-variabel dalam penelitian ini adalah variabel independen yang terdiri dari motivasi (X1) dan kedisiplinan (X2) serta variabel dependen kinerja (Y).

Alat uji statistik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda (multiple regression analysis). Pengaruh variabel independen terhadap varibel dependen diuji dengan uji F dan uji t pada tingkat kepercayaan (confidence level) 95 % atau significant level, α = 0,05. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan  perangkat lunak Statistical Package for Social Science (SPSS) 17.0

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  motivasi dan kedisiplinan secara serempak  dan parsial berpengaruh terhadap kinerja Karyawan Pada PT. Charoen Pokphand Indonesia; Secara keseluruhan pengaruh variabel independen (motivasi dan kedisiplinan) terhadap variabel dependen (kinerja), variabel motivasi lebih dominan pengaruhnya terhadap variabel kinerja karyawan pada PT. Charoen Pokphand Indonesia.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks